Cara Menghasilkan Uang untuk Anak Sekolah

Humanizeus.id – Cara menghasilkan uang untuk anak sekolah. Mungkin Anda berpikir bahwa seorang anak sekolah dilarang untuk mencari uang, lebih baik fokus pada pelajaran saja.

Tapi, faktanya berkebalikan pada masa sekarang, anak-anak SMP dan SMA bisa mencari peluang penghasilan sampingan. Bahkan mereka bisa menjalaninya tanpa harus terganggu sekolah.

Benar, ada banyak jenis pekerjaan dan cara menghasilkan uang untuk anak sekolah yang bisa dilakukan. Pastinya semua bisa dikerjakan tanpa modal alias gratis bagi anak sekolah.

Dengan berpenghasilan, anak sekolah dapat menambah uang jajan bahkan sampai membayar SPP. Tapi ingat, pilihlah pekerjaan yang tidak mengganggu belajar seperti rekomendasi berikut ini.

Baca: Cara Menghasilkan Uang dari Tanpa Mengganggu Kuliah

Tips dan Cara Menghasilkan Uang untuk Anak Sekolah

Inilah sejumlah cara dan tips yang bisa Anda coba lakukan untuk mulai menghasilkan uang untuk anak sekolah. Simak pembahasan lengkapnya dan silahkan ikuti cara dapat uang untuk anak sekolah di bawah ini.

1. Reseller Web Hosting

Salah satu tips, rekomendasi, dan cara menghasilkan uang untuk anak sekolah adalah menjadi reseller web hosting. Misalnya, Anda dapat mencoba layanan Hosting24 yang ditawarkan untuk menjadi reseller.

Seperti Hostinger, penyedia layanan web hosting ini juga menawarkan reseller web hosting. Program reseller web hosting ini memberikan kesempatan bagi siapa saja yang ingin menghasilkan uang dengan menjadi reseller.

Jika Anda seorang reseller hosting di sana, Anda tidak perlu fokus pada aspek teknis yang terkait dengan manajemen server. Tugas utama Anda hanya untuk mendapatkan pengguna dan mempromosikannya untuk dapat pelanggan.

2. Manajemen Media Sosial

Seorang pelajar sekolah SMP atau SMA juga bisa bekerja menjadi admin dan melakukan manajemen media sosial untuk dapat uang. Aktif di media sosial bisa menjadi salah satu cara untuk menghasilkan uang bagi anak sekolah.

Apalagi jika Anda sebagai siswa sekolah benar-benar memahami manfaat media sosial untuk membangun karakter dan bisnis Anda. Anda bisa melayani individu atau pemilik bisnis yang membutuhkan social media manager.

Pelajari tentang media sosial dengan situs pendidikan seperti Hootsuite Academy, agar kemampuan pengelolaan medsos meningkat. Setelah itu, cari pekerjaan manajemen media sosial di situs Upwork dan Freelancer.

3. Freelancer

Di internet, ada banyak situs web yang menawarkan lowongan pekerjaan freelance, dan para pelajar bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan uang jajan. Pelanggan akan menjalankan iklan untuk menemukan orang yang cocok dengan kriteria.

Saat ini, permintaan akan pekerja lepas atau freelancer semakin meningkat dari hari ke hari. Pastinya Anda juga dapat memanfaatkan peluang ini untuk menghasilkan uang untuk anak sekolah tanpa investasi apa pun.

Untuk direkrut oleh klien sebagai freelancer, identifikasi kemampuan dan keahlian Anda dan tentukan target pasar. Misalnya, jika Anda ingin menjadi penulis lepas, pilihlah niche seputar penulisan artikel, tutorial, dll.

4. Jualan di TikTok

Apabila Anda punya barang atau produk yang bisa dijual, entah itu barang sendiri, reseller, atau dropshipper, cobalah berjualan di TikTok. Pastikan Anda berhasil menjadi content creator di TikTok.

Konten Anda nantinya bisa sering masuk ke FYP dan followers Anda meningkat banyak. Dengan cara tersebut, nantinya Anda bisa mulai berjualan di TikTok dan mencoba cara menghasilkan uang dari TikTok bagi anak sekolah.

Platform media sosial berbagi video pendek ini menyediakan fitur untuk pembuat konten yang ingin menjual di profilnya. Fitur yang ada pada TikTok tersebutlah yang dapat diklik pemirsa untuk membeli produk Anda.

5. YouTuber

Memang sedikit butuh kerja keras, tapi Anda bisa mencoba peluang untuk mendapatkan penghasilan sebagai anak sekolah dengan cara ini. Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari YouTube yang bisa Anda pelajari dan tekuni.

Tetapi langkah pertama dan terpenting yang harus Anda lakukan adalah mendaftar ke Program Mitra YouTube dan pastikan saluran Anda dimonetisasi. Anda harus mendaftarkan channel YouTube ke Google AdSense

Selain dari iklan AdSense untuk YouTube, Anda juga dapat mencoba metode monetisasi lain. Contohnya seperti langganan saluran, Super Chat dan Super Stickers, jualan merchandise, dan YouTube BrandConnect.

6. Desainer Grafis

Pekerjaan lainnya yang bisa dicoba anak sekolah untuk dapat uang, khususnya bagi mereka yang jago desain adalah menjadi desainer. Dengan perkembangan digitalisasi, karir desainer grafis kini diminati di mana-mana.

Jika Anda memiliki bakat menggambar dan belum berpenghasilan, Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menghasilkan uang secara online. Karier seorang desainer grafis mirip dengan seorang web developer.

Jika Anda sudah mengetahui bidang seni digital yang ingin Anda tekuni, maka pelajari keterampilan dan perangkat lunak yang Anda butuhkan. Banyak kursus desain tersedia di berbagai platform e-learning untuk mulai belajar.

7. Survei Online Berbayar

Mengisi survei onlien berbayar bisa jadi peluang para murid sekolah untuk dapat uang. Ini mungkin “terlalu bagus untuk menjadi kenyataan”, tetapi Anda dapat menghasilkan uang secara online dengan mengisi survei berbayar.

Saat ini, terdapat banyak sekali jumlah perusahaan membayar peserta untuk melakukan survei, seringkali untuk riset pasar dan analisis perilaku konsumen. Survei ini juga membantu membuat keputusan bisnis.

Contohnya seperti jenis produk online terlaris mana yang akan dijual atau tempat untuk menayangkan iklan terbaik. Adapun nantinya, pembayaran bisa Anda terima melalui Paypal ataupun rekening bank langsung.

8. Layanan Penulisan CV

Pandemi yang terjadi di Indonesia telah membuat ribuan bahkan puluhan ribu pekerja kehilangan pekerjaan. Untuk menghemat anggaran yang mereka keluarkan, tentunya perusahaan harus melakukan PHK besar-besaran.

Namun, dengan penurunan jumlah infeksi pandemi telah mulai terjadi, berbagai industri mulai bermunculan, dan berbagai posisi menjadi kosong. Kesempatan ini bisa Anda manfaatkan untuk menghasilkan uang untuk anak sekolah.

Caranya adalah dengan menawarkan jasa penulisan resume atau CV. Masih banyak pencari kerja yang merasa kesulitan untuk menulis resume yang baik dan benar, di sinilah peluang Anda membantu mereka untuk dapat uang.

9. Gabung ke Program Afiliasi

Bergabung dengan perusahaan afiliasi juga merupakan salah satu cara tercepat untuk menghasilkan uang untuk anak sekolah. Anda dapat memperoleh komisi dengan mempromosikan produk, layanan, atau bisnis di berbagai platform.

Ketika pengunjung website atau media sosial mengklik tautan afiliasi dan membeli produk yang ditawarkan, Anda mendapatkan persentase dari keuntungan. Namun besaran keuntungannya tergantung dari perusahaan afiliasi.

Umumnya, blogger dapat menghasilkan ratusan hingga puluhan ribu dolar secara online melalui pemasaran afiliasi. Tapi ingat lagi, semua tergantung pada jumlah program afiliasi yang diikuti dan pengaruh pembaca blog.

Akhir Kesimpulan

Demikian pembahasan yang dapat kami sampaikan kepada Anda mengenai cara menghasilkan uang untuk anak sekolah. Anda bisa mengikuti cara-cara yang kami sampaikan di atas agar bisa dapat penghasilan untuk anak sekolah.