Cara Menghasilkan Uang dari YouTube

Humanizeus.id – Cara menghasilkan uang dari YouTube. Memperoleh penghasilan atau gaji dari YouTube bukan cuma bisa dilakukan dengan mengikuti program monetisasi iklan YouTube saja, melainkan banyak alternatif lainnya.

Memahami bahwa Youtuber sendiri adalah seseorang atau sekelompok orang yang memiliki saluran Youtube sendiri, membuat dan menampilkan blog video, dan menemukan pelanggan. Youtuber adalah profesi yang mengunggah konten dan video tutorial di YouTube.

Menurut PER-17/PJ/2015, profesi Youtuber tergolong pekerjaan mandiri dengan klasifikasi bisnis nomor 90002 (kegiatan artis). Menurut laporan di laman Voi.id, pendapatan rata-rata seorang pemula di YouTube adalah US$18 atau 1.000 penayangan video sekitar Rp245.000.

Nah di sini kami ingin berbagi informasi mengenai cara menghasilkan uang dari YouTube selain monetisasi Google AdSense. Silahkan simak beberapa alternatif cara yang kami sampaikan di bawah berikut ini.

Baca: Situs Menulis Artikel

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube Update Terbaru

Ini dia pilihan cara memperoleh penghasilan dari YouTube update terbaru. Silahkan ikui panduan-panduan dan tips menggunakan YouTube untuk menghasilkan uang secara online, tercepat, mudah, gratis, dan aman.

1. YouTube Partnership

YouTube Partnership adalah cara paling umum untuk menghasilkan uang dari video di saluran Anda: jalankan iklan AdSense melalui program mitra YouTube. Pendapatan iklan akan dibagi 40% dari YouTube dan 60% dari bagian Anda.

Jika uang yang diterima setara dengan US$100 atau sekitar Rp 1,4 juta, bisa langsung dibayarkan. Namun, untuk menampilkan iklan dari Google AdSense, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu

🔥 Trending:   Cara Menghasilkan Uang 100 Juta Per Bulan

Satu hal lagi yang perlu diingat adalah bahwa dalam aturan baru ini, tidak semua saluran dapat dipilih. Jika saluran Anda dianggap tidak ramah bagi pengiklan, iklan tidak akan muncul di video YouTube Anda.

2. Channel Membership

Cara lainnya masih internal YouTube. Misalnya Anda sangat efektif dalam menghasilkan video berkualitas tinggi, dan kebetulan banyak orang yang menonton dan berlangganan, jangan ragu untuk mengaktifkan fitur Channel Membership.

Di sini, pemirsa Anda akan membayar akses ke konten eksklusif setiap bulan. Channel Membership banyak syaratnya ya? Saya bersedia. Tapi kalau bisa lewat, alangkah baiknya punya penghasilan tambahan.

Nantinya, “pelanggan premium” Anda akan menerima lencana berdasarkan biaya yang dikeluarkan. Mereka juga dapat mengakses fitur video eksklusif, obrolan waktu nyata, dan emotikon di Channel Membership.

3. Jualan Merchandise

Sepertinya pendapatan dari AdSense saja tidak cukup. Apalagi jika ternyata banyak video Anda yang telah di-demonetisasi. Ini berantakan! Otomatis, Anda juga harus memutar otak agar bisa memiliki sumber penghasilan lain.

Pada titik ini, Anda dapat Jualan Merchandise. Satu hal yang perlu Anda ingat adalah memastikan produk Anda laku. Jika tidak, Anda bahkan bisa kalah. Bagaimana cara melakukannya? Jika Anda sudah memiliki banyak pelanggan, itu bagus.

Anda sudah memiliki audiens. Selain itu, jika partisipasi tinggi, mereka biasanya mau membeli. Pastikan produk Anda sangat bagus. Baik itu kualitas atau desain. Barang yang dijual umumnya bisa dipakai kemana-mana, tidak malu-malu.

4. Product Placement

Selain iklan, Anda juga dapat menggunakan metode Product Placement. Teknik ini termasuk metode publisitas tradisional yang biasa digunakan di televisi dan film. Misalnya, dalam sebuah film, para aktor makan sereal merek tertentu.

Ternyata cara Product Placement ini juga berlaku untuk video YouTube. Sebelum itu, Anda harus terlebih dahulu menjalin kontak dengan calon merek. Anda juga harus memilih merek yang terkait dengan konten yang biasa Anda buat.

🔥 Trending:   Cara Menghasilkan Uang dari Facebook Ads

Produk yang akan dipromosikan tidak harus menjadi fokus video Anda, cukup sebagian kecil saja. Asalkan sesuai dengan kesepakatan dengan merek. Keuntungan dari teknik ini adalah orang tidak akan bisa melewatinya karena menjadi satu kesatuan dalam video.

5. Video Bersponsor

Video bersponsor mirip dengan penempatan produk, tetapi ada beberapa perbedaan dengan Video Bersponsor. Anda harus membuat video khusus untuk merek tertentu. Jadi mereka adalah fokus utama dalam video.

Misalnya, jika Anda memiliki saluran memasak, Anda dapat membuat video yang didedikasikan untuk membuat makanan dengan Mentega A. Anda harus memberi tahu penonton bahwa video Anda disponsori oleh merek tertentu.

Terkadang, Anda juga dapat memberikan kode promosi atau diskon untuk pelanggan saluran. Teknik atau tips Video Bersponsor pun bisa menjadi sumber penghasilan lainnya dari Video Bersponsor.

6. Link Afiliasi

Tautan atau link afiliasi adalah sistem komersial. Jika Anda menempatkan tautan di deskripsi video, itu bisa menguntungkan Anda. Ketika orang mengklik dan membeli produk dari website, Anda akan mendapatkan komisi.

Teknik Link Afiliasi ini mudah dilakukan karena tidak memerlukan kesepakatan dengan merek. Anda dapat melakukan ini dengan berbicara tentang produk tertentu di video dan kemudian menambahkan tautan pembelian.

Salah satu website yang bisa memberi Anda keuntungan adalah Amazon. Selain itu untuk di dalam negeri ada banyak program Link Afiliasi, seperti dari Shopee, Domainesia, dan masih banyak lagi yang lainnya.

7. Menjadi Influencer

Menjadi Influencer bukan untuk semua orang—terutama jika Anda baru memulai. Namun, setelah Anda mengumpulkan banyak pelanggan dengan keterlibatan yang mengesankan, jangan ragu untuk memanfaatkannya.

🔥 Trending:   Cara Menghasilkan Uang dari Likee

Di level “influencer”, Anda bisa menghubungi brand agar mereka bisa mensponsori video yang mereka buat. Tidak seperti AdSense, 100% uang yang Anda peroleh darinya dapat masuk ke saku atau rekening Anda.

Meskipun terlihat bagus, Anda tetap harus mematuhi persyaratan konten bersponsor YouTube. Jika video tersebut tidak sengaja dibuat dan diputar berulang kali, penonton Anda mungkin akan merasa kesal.

8. Mengadakan Meet n Greet

Mengadakan Meet n Greet juga bisa jadi sumber penghasilan utama dari YouTube. Jangan berpikir negatif tentang pertemuan itu! Ini bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk menghasilkan uang dari YouTube.

Di Mengadakan Meet n Greet, yang Anda lakukan tidak hanya menghasilkan uang dari pengikut Anda, tetapi juga berbagi pengetahuan yang bermanfaat untuk mereka. Ini pun akan menjadi pertemuan yang bermanfaat.

Segala macam ilmu bisa Anda berikan mulai dari cara membangun channel youtube atau video blog tutorial dengan budget yang terbatas. Tentu saja, pengikut Anda akan rela mengeluarkan uang saku sepeserpun untuk ini.

9. Kerja Sama Sponsorship

Anda kemudian dapat menjalin kemitraan sponsorship dengan merek yang terkait dengan saluran Anda. Langkah ini dianggap sebagai cara paling efektif untuk menghasilkan uang dari YouTube.

Anda bisa mendapatkan produk yang bisa dijadikan konten video, dan sponsor bisa mempromosikan produk yang mereka jual di channel Anda. Kerja Sama Sponsorship bisajadi peluang yang bagus

Sayangnya, untuk mendapatkan kemitraan sponsorship, Anda harus memiliki keterampilan negosiasi untuk membujuk sponsor untuk memasang iklan. Namun bila Anda berhasil, maka keuntungan yang diperoleh akan sangat banyak.

Akhir Kata

Itu dia beberapa pilihan cara menghasilkan uang dari youtube gratis yang bisa digunakan untuk meraup keuntungan dengan mudah. Silahkan manfaatkan panduan dan tips di atas untuk bisa mendapatkan penghasilan melalui YouTube.