Cara Menghasilkan Uang dari Play Store

Humanizeus.id – Cara menghasilkan uang dari Play Store. Mungkin kita tahunya Play Store adalah layanan yang bisa digunakan untuk donwload aplikasi, game, buku, film, dan berbagai produk digital lainnya di Android.

Tapi, di masa sekarang kegunaan Play Store telah berkembang menjadi lebih luas lagi. Didukung oleh kreativitas manusia, kita bisa memanfaatkan Play Store untuk bekerja online dan menghasilkan uang secara mudah.

Ada banyak jenis pekerjaan atau hal yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan Play Store untuk mendapatkan uang. Tapi, banyak orang yang masih belum paham tips, panduan, serta langkah untuk memulainya.

Pada kesempatan ini kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai beberapa pilihan cara, tips, dan panduan untuk menghasilkan uang dari Play Store. Silahkan simak ulasan lengkapnya yang ada di bawah berikut ini.

Baca: Pekerjaan Online yang Menghasilkan Uang

Panduan Cara Menghasilkan Uang dari Play Store

Langsung saja kita bisa simak bersama-sama beberapa tips, panduan, dan cara menghasilkan uang dari Play Store secara gratis. Silahkan simak penjelasan lengkapnya yang ada di bawah berikut ini.

1. Jualan Aplikasi

Cara pertama menghasilkan uang dari Google Play Store adalah dengan berjualan aplikasi. Anda dapat menggunakan Konsol Google Play untuk menjual produk atau layanan aplikasi yang diunggah melalui Google Play Store.

Tentunya Anda harus terlebih dahulu mendaftar sebagai developer Google Play Store dan membuat profil pembayarannya. Setelah Anda membuat profil pembayaran, profil Anda akan otomatis ditautkan ke Konsol Google Play.

🔥 Trending:   Cara Menghasilkan Uang dari Live Me

Jika seseorang mengunduh aplikasi Google Play Store, itu akan dimasukkan ke dalam akun yang terdaftar di Konsol Google Play. Selain itu, Anda dapat menyetel diskon aplikasi dan harga promosi melalui Konsol Google Play.

2. Iklan AdMob

Alternatif lainnya yang bisa dicoba untuk mendapatkan penghasilan dengan memanfaatkan Google Play Store adalah iklan AdMob. Iklan adalah cara yang efektif dan mudah untuk mendapatkan uang dari aplikasi yang Anda unggah.

Google AdMob adalah platform monetisasi aplikasi yang memaksimalkan pendapatan iklan dan pembelian aplikasi. Lebih dari 1 juta aplikasi telah menggunakan Google AdMob untuk menghasilkan uang di Google Play Store.

Kemudian, lebih dari $1 miliar dibayarkan kepada pengembang aplikasi. Program monetisasi ini sama seprti halnya Google AdSense pada YouTube dan blog, hanya saja media penampil iklannya merupakan aplikasi di Android.

3. Developer Aplikasi

Anda bisa mendapatkan uang dari Playstore dengan menjadi pengembang atau pengembang aplikasi di Android. Jika Anda memiliki keahlian dalam pemrograman dan membuat aplikasi, tidak ada salahnya mencoba pendekatan ini.

Aktivitas mengunduh aplikasi di Playstore sangat menjanjikan bagi semua jenis pengembang aplikasi. Hal tersebut tak mengherankan karena ada hampir miliaran pengguna aktif smartphone Android di seluruh dunia.

Anda dapat mendaftar secara gratis atau dengan biaya berlangganan. Tentu saja menjadi developer aplikasi, apalagi bisa sampai tembus dan dipublikasikan di Google Play Store bayarannya sangat mahal, karena ini skil langka.

4. In-App Purchase

Pembelian dalam aplikasi atau in-app purchase adalah saat aplikasi menjual produk digitalnya kepada pengguna. Misalnya, saat Anda memainkan game, Anda dapat menggunakan jenis peralatan tertentu dalam karakter game Anda.

🔥 Trending:   Cara Menghasilkan Uang dari Blogspot

Nah, itulah yang kami sebut pembelian dalam aplikasi, sehingga berbeda dengan sistem berjualan aplikasi premium. Harga yang ditawarkan juga bervariasi, tergantung fitur atau kelangkaan item yang Anda ciptakan tersebut.

Untuk penggemar game, tentu saja akan ada beberapa pemain lain yang membeli item di aplikasi. Bila game Anda populer, bukan tidak mungkin banyak orang mau berbondong-bondong menguras dompet untuk mmebeli item game Anda.

5. In-App advertising

Menerapkan iklan dalam aplikasi adalah cara bagi pengembang untuk menghasilkan uang dari aplikasi gratis yang mereka buat di Playstore. Iklan ini tak terbatas pada Google AdMob saja, melainkan bisa hasil kerja sama dengan brand.

Setelah memasang iklan di aplikasi Anda, Anda bisa mendapatkan uang tambahan dari Google AdMob juga. Namun saat menampilkan iklan, Anda harus memastikan pengguna tidak terganggu oleh iklan yang terlalu banyak ditampilkan.

Jadi, Anda memang harus terus me-riset apakah iklan yang Anda tampilkan pada aplikasi Google Play Store memang layak berada di spot tersebut atau tidak. Pastikan Anda takkan mengganggu pemain game memainkan permainannya.

6. Sistem Berlangganan

Cara lain untuk menghasilkan uang dari Google Play Store adalah dengan menawarkan sistem yang disebut langganan. Misalnya, saat Anda mengunduh perangkat lunak pengedit foto, aplikasi ini menawarkan pilihan kepada Anda.

Dengan memanfaatkan sistem berlangganan yang satu ini, Anda dapat mengakses fitur premium dengan berlangganan bulanan atau dengan biaya. Tentunya, aplikasi Anda harus dipublikasikan di Google Play Store agar banyak di-download.

Selain mendapatkan lebih banyak akses, pengguna yang berlangganan dapat menggunakan aplikasi Play Store tanpa terganggu oleh iklan. Jika sebuah aplikasi terasa bagus dan berguna, penggunanya akan rela mengeluarkan uang.

🔥 Trending:   Cara Mendapat Uang dari iQ Option

7. Aplikasi Penghasil Uang

Jangan khawatir jika Anda tidak ingin menggunakan cara di atas untuk menghasilkan uang dari Google Play Sore. Karena, ada cara lain untuk menghasilkan uang dari Playstore, seperti dengan menggunakan aplikasi penghasil uang.

Aplikasi tersebut tersedia banyak pilihan dan genre-nya, yang bisa Anda unduh dari Playstore secara gratis. Namun, Anda tidak dapat menghasilkan uang hanya dengan mengunduh aplikasi, melainkan juga harus mengerjakan tugas atau misi.

Aplikasi yang ada di Google Play Sore ini memiliki tugas yang harus Anda selesaikan untuk mendapatkan poin. Nah, poin-poin yang didapatkan pada aplikasi ini adalah uang yang bisa Anda tukarkan nanti jika sudah terkumpul.

8. Berjualan Foto

Cara menghasilkan uang dari Playstore selanjutnya adalah dengan menjual stok foto di aplikasi-aplikasi marketplace digital yang ada di Play Store. Jika Anda benar-benar menyukai fotografer, maka Anda harus mencoba metode ini.

Di sana Anda dapat menggunakan banyak aplikasi untuk menjual foto Anda, seperti kontributor Shutterstock, Getty Images, dan banyak lagi. Anda juga bisa menjualnya sebagai NFT pada marketplace kripto seperti halnya OpenSea.

Foto yang Anda buat tentunya harus dengan kualitas dan resolusi terbaik. Untuk melakukan ini, coba gunakan kamera Anda dan edit foto agar lebih optimal. Juga, gunakan teknik dalam fotografi Anda untuk hasil yang lebih berkualitas.

Akhir Kata

Pembahasan mengenai cara mendapat uang dari play store mungkin cukup sampai di sini terlebih dahulu. Semoga ulasan di atas bisa dipahami sehingga kita dapat memperoleh penghasilan secara online dengan menggunakan Play Store.