Cara Menghasilkan Uang dari Facebook

Humanizeus.id – Cara menghasilkan uang dari Facebook. Saat ini Facebook telah menjadi salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak tidak hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia.

Facebook juga menghadirkan berbagai macam fitur yang tidak hanya dapat digunakan untuk bercengkrama saja. Melainkan, beberapa fiturnya bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang.

Hal tersebut sebenarnya tidak mengherankan lagi, sebab kita memang bisa menghasilkan uang dari Facebook dengan jumlah market yang luar biasa. Penggunanya bisa mencapai 1 miliar orang.

Nah bagi yang masih belum tahu cara menghasilkan uang dari Facebook, jangan khawatir. Sebab di sini kami akan memberikan ulasannya kepada Anda secara lengkap di bawah ini.

Baca: Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Cara Menghasilkan Uang dari Facebook Gratis Terbaru

Pada dasarnya ada beberapa hal yang Anda bisa kerjakan untuk mendapatkan uang dari platform Facebook. Cara menghasilkan uang dari Facebook bisa disimak pada penjelasan berikut.

1. Monetisasi Halaman

Cara pertama menghasilkan uang dari Facebook adalah sumber pendanaan dari Facebook. Anda akan dibayar berdasarkan CPM (biaya per juta), jadi Anda akan mendapatkan penghasilan berdasarkan 1000 tampilan iklan Facebook.

Setelah itu, setiap video yang Anda unggah secara otomatis akan memiliki ikon dolar hijau jika telah disetujui untuk monetisasi Facebook Ad Break. Cukup salin videonya, tetapi jangan unggah ulang dari video lain.

Karena ini melanggar aturan Facebook dan akun Anda pada akhirnya akan ditangguhkan. Intinya tetap patuhi peraturan upload video pada Facebook agar tidak melanggar kebijakan Facebook Ad Breaks di masa mendatang.

2. Jual Halaman Facebook

Awal tahun ini, terjadi lonjakan jual beli akun Facebook Fan Page yang memenuhi syarat untuk monetisasi Ad Break. Harga halaman Facebook juga cukup mahal untuk kelas halaman penggemar Facebook dengan 10.000 suka.

Selain itu, halaman Facebook dapat digunakan untuk mempromosikan media, dan halaman penggemar Facebook dapat menghasilkan uang melalui Jeda Iklan. Iklan akan muncul di video yang dipublikasikan, minimal 3 menit ke atas.

Jika Anda sudah memiliki halaman penggemar, daftarlah untuk monetisasi Facebook hari ini sehingga Anda bisa mendapatkan uang. Anda bisa menjualnya di grup jual beli Facebook yang banyak tersedia.

3. Pemasaran Afiliasi

Cara berikutnya yang bisa dimanfaatkan untuk mendapat uang dari Facebook adalah dengan pemasaran afiliasi. Untuk dapat memulai cara menghasilkan uang dari Facebook dengan afiliasi, Anda harus terlebih dahulu mendaftar.

Pendaftaran bisa dilakukan ke jaringan afiliasi seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan lainnya. Untuk cara mempromosikan link afiliasi yang Anda miliki, baik dengan memposting di postingan pribadi.

Selain itu promosi juga bisa dilakukan denga menyebar ke grup Facebook dengan banyak pengikut. Intinya, Anda harus terus mempromosikan link afiliasi tersebut agar penghasilan yang Anda dapatkan juga banyak.

4. Jadi Influencer

Banyak orang tidak bisa membedakan antara influencer dan buzzer. Influencer berasal dari kata influence yang artinya mempengaruhi, terutama kepada semua teman dan followers Facebook yang dimilikinya.

Dalam hal jumlah teman dan pengikut, ada lebih banyak influencer daripada buzzer. Tugas seorang influencer pada Facebook adalah mempengaruhi agar tindakan yang diinginkan, seperti membeli produk, terjadi.

Untuk menjadi seorang influencer di Facebook, pertama-tama Anda harus membangun merek yang kuat agar semua orang mengetahuinya. Kemudian, nanti akan ada penawaran terhadap Anda dari brand untuk mempromosikan produknya.

5. Menjadi Buzzer

Jangan langsung memberi stigma negatif pada kata buzzer di Facebook yang kerap kita dengar dari orang lain. Sebenarnya buzzer adalah peluang yang bisa Anda ubah menjadi cara cepat menghasilkan uang dari Facebook.

Anda perlu mengelola akun, halaman, dan grup Facebook dengan banyak pengikut di Facebook. Buzzer bekerja dengan memanfaatkan beberapa akun media sosial untuk menjadikannya trending di Facebook.

Setelah itu, akhirnya aktivitas Buzzer di Facebook dapat diketahui banyak orang. Tidak hanya terkait dengan politik, buzzer juga bisa digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan kepada seluruh pengguna Facebook.

6. Manajemen Fanpage Facebook

Mengelola halaman Facebook juga bisa jadi pekerjaan yang menghasilkan uang. Pemasaran dan membangun merek di media sosial harus dilakukan dengan benar, salah satunya adalah mengelola halaman penggemar, tidak bisa begitu saja.

Perlu ada adminhalaman penggemar yang bertanggung jawab untuk mengelola halaman penggemar, mulai dari memposting konten, mengelola komentar, menawarkan produk, mempromosikan halaman penggemar kepada pengguna Facebook.

Selain itu juga secara organik meningkatkan jumlah suka di halaman penggemar. Walaupun sekilas terlihat mudah, namun sebagai pengelola fan page ini, Anda sebenarnya harus memiliki keahlian di bidang komunikasi dan pemasaran.

7. Layanan Periklanan

Facebook Ads kini menjadi salah satu tempat beriklan yang paling menjanjikan setelah Google, namun sayangnya tidak banyak orang yang bisa beriklan di Facebook. Hanya orang yang berpengalaman dalam menjalankan iklan.

Selain itu, menyiapkan iklan Facebook tidak mudah dan Anda perlu melakukan riset dan pengujian terpisah untuk menemukan iklan terbaik. Anda pun bisa membuka jasa pengeloaan iklan di Facebook Ads untuk mendapat uang.

Jika terjadi kesalahan iklan, mudah untuk menggunakan saldo iklan Anda dan tidak mendapatkan apa-apa. Jangan lupa untuk memastikan Anda memiliki saldo Facebook yang cukup untuk menjalankan iklan Anda.

8. Jasa Tambah Like

Suka atau like Facebook masih merupakan indikator apakah halaman penggemar terlihat dapat dipercaya atau tidak. Semakin banyak suka yang Anda dapatkan, semakin percaya diri pengguna Facebook di halaman penggemar Anda.

Salah satu cara untuk meningkatkan jumlah pengikut Facebook adalah dengan membeli like di Facebook. Kesempatan ini memungkinkan beberapa orang dengan keahlian khusus untuk membuka layanan likers fan page.

Tentu saja, pekerjaan di Facebook satu ini membutuhkan pengetahuan dan alat berkualitas yang tidak dimiliki semua orang. Harga suka tergantung pada jumlah suka dan kesesuaian minat halaman penggemar Facebook.

9. Jualan Jasa

Opsi berikutnya yang bisa Anda coba untuk menghasilkan uang dari Facebook adalah berjualan jasa. Anda dapat menggunakan akun Facebook pribadi Anda untuk menjual keterampilan yang Anda miliki.

Untuk jangkauan yang lebih luas, bisa dipasang di Facebook marketplace agar bisa dikenal banyak orang. Misalnya, Anda bisa menjual jasa penulisan artikel, jasa desain grafis melalui Facebook atau jenis jasa lainnya.

Ini adalah bisnis Facebook yang tidak perlu Anda jalankan. Solusi lain Anda dapat membuat halaman penggemar di Facebook tentang layanan yang Anda kendalikan adalah membuat banyak orang menyukai halaman Facebook Anda.

10. Buka Toko Online

Cara terakhir untuk menghasilkan uang dari Facebook adalah dengan memulai toko online di Facebook. Anda tidak perlu memiliki merchandise sendiri, Anda bisa bermitra dengan orang lain, atau Anda bisa menjadi distributor.

Bahkan Anda dapat menjadi dropshipper untuk sebuah supplier di Facebook. Cara ini meminimalkan risiko kerugian dan tidak membutuhkan modal yang besar. Adapun cara berpromosi bisa menggunakan akun facebook pribadi.

Anda juga bisa memanfaatkan fan page atau share ke beberapa grup yang memiliki minat yang sama dengan produk yang anda jual. Jika ingin menjangkau lebih banyak dan tepat sasaran, Anda bisa beriklan di Facebook.

Catatan Akhir

Demikian tips cara menghasilkan uang dari facebook yang bisa dilakukan. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat sehingga Anda bisa menggunakan Facebook semaksimal mungkin untuk dapat penghasilan.