Cara Menghasilkan Uang dari Facebook Ads

Humanizeus.id – Cara menghasilkan uang dari Facebook Ads. FB Ads telah menjadi platform periklanan yang paling populer di dunia sejajar dengan Google Ads, sudah banyak yang bisa mendapatkan keuntungan dari platform ini.

Ketika ingin menggunakan FB Ads, tentu saja kita butuh yang namanya akun Facebook. Jangan takut, pendaftaran akun Facebook sangat mudah dilakukan, dan setelah daftar, Anda bisa langsung menggunakan Facebook Ads.

Perlu diketahui lebih dulu, bahwa bukan kita bisa mendapatkan uang dari FB Ads, melainkan kita memanfaatkan FB Ads untuk mengembangkan bisnis, promosi, dan beriklan. Dari situ, keuntungan akan bisa kita peroleh.

Jadi, siapkan pula sejumlah modal yang cukup untuk beriklan di Facebook Ads. Selain itu Anda juga perlu memahami tips serta panduan beriklan di Facebook yang baik dan benar sesuai pada penjelasan di bawah berikut ini.

Baca: Penghasil Uang di Internet

Tips Cara Menghasilkan Uang dari Facebook Ads

Ini dia beberapa rekomendasi tips dan cara menghasilkan uang dari Facebook Ads yang bisa dipahami. Silahkan langsung saja simak panduan dan penjelasan lengkapnya yang ada di bawah berikut ini.

1. Buat Business Manager

Cara pertama untuk menghasilkan uang dari Facebook Ads yang perlu Anda siapkan adalah membuat akun Business Manager (Pengelola Bisnis). Pengelola Bisnis adalah media yang dibuat oleh Facebook untuk mengelola beberapa akun iklan.

Business Manager juga digunakan untuk mengelola beberapa halaman penggemar, dan berkolaborasi dengan pengelola bisnis lainnya, seperti berbagi piksel Facebook, berbagi pemirsa khusus, pemirsa serupa, atau halaman penggemar.

Beda dengan Facebook Personal, bahwa akun perusahaan dapat memiliki lebih dari satu akun iklan di Facebook (biasanya lima akun). Oleh karena itu, ketika akun iklan Anda diblokir oleh Facebook, Anda masih memiliki cadangan.

Umumnya, satu profil Facebook dapat memiliki hingga dua akun platform manajemen bisnis. Cara membuat akun Business Manager pada halaman Iklan Facebook sederhananya adalah sebagai berikut, bisa ikuti tutorial di bawah ini:

  • Buka situs web business.facebook.com
  • Buat akun baru dengan menamai bisnis Anda, misalnya Humanizeus Agency.
  • Jika Facebook tidak mengizinkan penggunaan nama pilihan Anda, Anda dapat menambahkan kata “Shop” setelah nama perusahaan Anda.
  • Lanjutkan modifikasi hingga nama perusahaan Facebook disetujui.
  • Disarankan menggunakan huruf besar pada kata pertama untuk persetujuan Facebook
  • Pilih “Lanjutkan” dan masukkan nama dan email Anda.
  • Email ini tidak harus sama dengan email Facebook.
  • Klik “Selesai”.

2. Buat Fanspage Facebook

Facebook Fanpage adalah informasi penting yang perlu Anda ketahui saat menjalankan bisnis. Pasalnya, menjalankannya dengan akun Instagram dan Facebook biasa saja tidak cukup. Dengan FP Facebook, Anda dapat memanfaatkan fitur-fiturnya secara lengkap.

Iklan adalah salah satu fitur yang bisa Anda manfaatkan menggunakan Facebook. Dengan menggunakan halaman atau Facebook ini, Anda dapat membuat iklan yang lebih bertarget untuk bisnis Anda menjadi lebih berkembang.

Selain itu, Anda juga dapat mengakses fungsi bisnis di Facebook, seperti mengirim postingan pada waktu tertentu dan melihat data aktivitas postingan. Fanpage menjadi tempat untuk beriklan. Anda dapat membuat Fanspage FB mengikuti panduan ini.

  • Klik Manajer Bisnis, lalu klik Pengaturan Bisnis.
  • Masuk ke menu halaman.
  • Klik Tambahkan Halaman Baru di tengah halaman.
  • Jika Anda memiliki halaman penggemar sebelumnya, silakan pilih untuk menambahkan halaman.
  • Tetapi data pribadi Anda akan tetap ada dalam bisnis.
  • Jika tidak, pilih untuk membuat halaman baru.
  • Setelah itu ada beberapa kategori yang bisa dipilih.
  • Untuk yang paling sederhana, gunakan bagian bawah, yaitu cause atau community, karena settingnya paling sederhana.
  • Beri nama beranda Anda.
  • Pilih Tambahkan orang untuk menambahkan orang yang dapat mengakses halaman ini.
  • Tetapi pastikan bahwa orang ini terdaftar di Pengelola Bisnis.
  • Klik link di bawah nama halaman dan bookmark untuk memudahkan pencarian nanti.

3. Membuat Akun Iklan

Akun iklan pada Facebook adalah akun yang Anda gunakan untuk mengelola periklanan, akun periklanan dapat diperoleh melalui akun pribadi dan dapat diakses melalui halaman manajemen bisnis.

Berbeda dengan Akun Business Manager yang merupakan akun Facebook Business. Akun ini khusus disediakan oleh Facebook untuk mengelola halaman Facebook dan akun iklan dengan informasi yang lebih detail dan pengaturan yang lebih kompleks.

Kita hanya bisa mengelola satu akun iklan di satu akun iklan pribadi. Sementara, kita bisa mengelola beberapa akun di akun Facebook Business Manager sehingga kita bisa memantau kinerja masing-masing akun, cara membuat akun iklan Facebook yaitu:

  • Pertama, klik Manajer Bisnis.
  • Lalu klik Pengaturan Bisnis.
  • Di bagian Akun, klik akun iklan dan tambahkan akun iklan baru.
  • Pilih untuk membuat akun iklan baru di bagian bawah.
  • Kemudian masukkan nama akun iklan.
  • Nama akun dapat diubah nanti, jadi tidak perlu mengisinya terlalu rumit.
  • Pilih zona waktu, mata uang, dan metode pembayaran yang tersedia.
  • Jika Anda berjualan di Indonesia, disarankan menggunakan zona waktu Indonesia Jakarta GMT +7.
  • Mata uangnya adalah IDR (Rupiah Indonesia).
  • Setelah selesai, klik tombol biru Buat Akun Iklan.
  • Setelah itu, Anda akan ditanya siapa yang dapat mengakses akun iklan ini.
  • Pilih nama pengguna yang tersedia dan berikan tingkat akses yang diizinkan.
  • Jika Anda seorang administrator, maka disarankan Anda mengaktifkan semua fitur tersebut.
  • Setelah selesai, pilih untuk menyimpan perubahan dan tutup.
  • Anda kemudian dapat mengakses iklan Anda di halaman manajer bisnis utama.
  • Cara mengaksesnya, klik pengelola bisnis di bagian pengaturan bisnis.
  • Untuk memudahkan Anda mengunjungi halaman ini, cukup sorot URL dan seret sedikit ke bawah (bilah bookmark) untuk menandainya.

4. Buat Iklan Facebook Ads

Jika Anda ingin beriklan di Instagram melalui Facebook Ads, maka Anda harus mengintegrasikan Instagram Anda, yang mudah. Anda pilih bagian akun Instagram, lalu masukkan username dan password akun Instagram Anda.

Sekarang Anda siap untuk menjalankan iklan Facebook pertama Anda. Panduan pembuatan iklan sebagai cara menghasilkan uang dari Facebook Ads bisa dilihat pada penjelasan berikut ini.

  • Buka halaman manajemen bisnis Anda.
  • Klik pada akun iklan yang Anda buat sebelumnya.
  • Beberapa orang akan langsung menuju halaman tempat iklan dibuat.
  • Tetapi beberapa orang akan pergi ke halaman lain.
  • Anda hanya perlu mengklik tombol hijau “Buat”.
  • Kemudian pilih Complate Campaigns.
  • Jika Anda tidak memiliki situs web, gunakan sasaran keterlibatan, dan jika Anda memiliki situs web, gunakan sasaran lalu lintas.
  • Kemudian pilih Pengaturan untuk menambahkan akun.
  • Masukkan negara akun, mata uang, dan zona waktu yang Anda inginkan.
  • Lalu klik Lanjutkan.
  • Jika demikian, Anda akan diminta untuk memasukkan penargetan iklan.
  • Masukkan nama iklan Anda di Nama Set Iklan.

Ini biasanya diberi nama setelah audiens target dan audiens target mereka. Di sebelah kanan, Anda dapat melihat potensi jangkauan atau potensi jumlah orang yang melihat iklan Anda.

Perkiraan jumlah orang yang tercakup dalam hasil harian adalah jumlah orang yang melihat iklan Anda berdasarkan anggaran iklan Anda. Jadi, Anda bisa melihat potensi jangkauan berapa banyak orang iklan Anda akan dilihat.

5. Setting Iklan Facebook Ads

Pada saat baru pertama kali menggunakan Facebook Ads, mungkin Anda akan kebingungan menggunakan beberapa kolom yang ada di fiturnya. Berikut akan kami jelaskan fitur-fitur setting iklan Facebook Ads dan fungsinya.

  • Lokasi: Indonesia (atau kota Anda)
  • Usia (rentang usia): Kami sarankan mulai dari 21, karena anak-anak 21 ke bawah biasanya tidak memiliki rekening bank.
  • Jenis Kelamin (jenis kelamin)
  • Language (Bahasa): Anda dapat mengosongkannya.
  • Penentuan posisi terperinci: Ini adalah fitur utama Facebook. Jumlah yang disarankan adalah sekitar 500.000 – 1.000.000. Anda dapat mempelajari cara melakukannya di artikel berikutnya.
  • Penempatan: Klik Penempatan otomatis. Jika Anda pergi ke “Edit Penempatan”, Anda dapat menempatkan iklan Anda di Facebook, Instagram, Audience Network (jaringan yang bekerja dengan Facebook, seperti Kompas). Jika Anda juga ingin beriklan di Instagram, Kami sarankan Anda membuat set iklan yang berbeda.
  • Anggaran dan jadwal, ada dua opsi: anggaran harian dan anggaran seumur hidup. Dengan anggaran harian, Anda harus mematikan iklan secara manual kecuali Anda memasukkan tanggal tertentu untuk menjalankan iklan. Untuk Anggaran Seumur Hidup, jumlah total iklan yang Anda bayarkan adalah jumlah yang Anda masukkan di kolom jumlah.

6. Buat Materi Iklan FB Ads

Di halaman berikutnya, Anda dapat membuat iklan baru atau menggunakan postingan yang sudah ada. Membuat iklan baru tidak akan muncul di halaman penggemar Anda. Misalkan Anda ingin menawarkan diskon 75% dan tidak ingin semua orang di halaman melihatnya.

Jika Anda ingin pengikut Anda melihatnya, silakan gunakan Gunakan Posting yang Ada. Anda harus terlebih dahulu kembali ke halaman penggemar Facebook dan memposting konten iklan (gambar, video, dll.).

Lalu pilih posting di platform manajemen bisnis dan klik konfirmasi. Facebook akan meninjau iklan Anda. Jika demikian, maka Facebook akan meninjau iklan Anda. Kami akan merangkum secara singkat struktur iklan Facebook ini untuk memudahkan Anda dalam melangkah maju.

Kuncinya adalah bahwa iklan Facebook dibagi menjadi 3 jenis.

  • CAMPAIGN: Pilih sasaran pemasaran atau sasaran periklanan, seperti mengarahkan lalu lintas jaringan.
  • AD SET: Pilih penargetan, anggaran, penempatan/penempatan iklan Anda. Anda dapat mengatur anggaran dan jadwal penayangan iklan
  • AD: Pilih kreativitas. Setiap set iklan dapat menggunakan gambar, teks, ajakan bertindak, tautan, dan video yang berbeda.

Satu kampanye dapat memiliki beberapa set iklan, dan satu set iklan dapat memiliki beberapa iklan. Anda dapat beriklan untuk kota target yang berbeda, jenis kelamin yang berbeda untuk membuat iklan Anda lebih efektif.

7. Pembayaran Facebook Ads

Di Facebook Ads, ada dua model untuk menghitung biaya iklan, yaitu biaya per klik (CPC) dan CPM. Kami menyebutkan keduanya dalam artikel kami yang berjudul “Berbagai Model Iklan Facebook yang Harus Anda Ketahui”.

Biaya per klik

Untuk rekap, biaya per klik adalah jenis iklan, dan Anda akan dikenakan biaya setiap kali pelanggan mengklik iklan yang Anda pasang. Dengan kata lain, jika iklan Anda tidak diklik, maka Anda tidak perlu membayar apa pun.

Jadi, jika kita menggunakan model iklan ini, berapa yang harus kita bayar? Saat menentukan biaya iklan, Facebook mempertimbangkan beberapa faktor. Ini termasuk apa area pemasaran Anda, ke mana Anda akan pergi.

Selain itu juga dipertimbangkan pula berbagai macam tingkat persaingan dari pesaing. Secara umum, harga di pasar Indonesia berkisar US$0,05-0,12 atau setara dengan Rp650-1,550 per kli tautannya.

Biaya per seribu tayangan

Biaya per seribu tayangan itu sendiri adalah layanan periklanan, dan Anda harus membayar iklan yang disediakan setiap kali iklan muncul. Artinya sebagai pengiklan, Anda hanya membayar bila iklan Anda menerima 1.000 tayangan atau tampilan.

Sekalipun iklan Anda tidak diklik oleh pengunjung, Anda tetap wajib membayarnya. Facebook juga mempertimbangkan biaya iklan yang terkait dengan area dan sasaran bisnis, serta pertimbangan lain yang serupa dengan iklan CPC.

Jumlah nilai yang harus Anda bayarkan hampir sama dengan CPC, yaitu jika iklan Anda ditampilkan 1000 kali, Anda juga harus membayar sejumlah US$0,05-0,12. Nominalnya sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan bayar per klik.

Akhir Kata

Penjelasan mengenai tips menghasilkan uang dari facebook ads sudah selesai kami bahas secara lengkap dan juga begitu mendetail. Silahkan ikuti tips dan panduan yang ada di atas untuk bisa memperoleh penghasilan dari Facebook Ads secara cepat dan mudah.